Taman Nasional Taroko

Pemberian dari alam

 

Taman Nasional Taroko adalah salah satu tempat wisata alam yang paling indah di Taiwan yang wajib kalian kunjungi. Taroko termasuk salah satu dari Sembilan taman nasional yang di lindungi di Taiwan. Delapan lainnya adalah Taman Nasional Kenting, Yushan, Yangmingshan, Shei-Pa, Kinmen, Dongsha Atoll, Taijiang dan Laut Selatan Penghu. Taman Nasional Taroko terletak di bagian timur dari Taiwan yang juga merupakan rumah bagi para suku aborigin Taiwan, suku Taroko. Dengan panjang 19 km dan luas 92.000 hektar, Taman Nasional Taroko menyuguhkan pemandangan spektakuler dikelilingi kikisan tebing marmer akibat erosi sungai Liwu. Tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata yang selalu menjadi favorit dan tidak akan dilewatkan saat berkunjung ke Taiwan.

Perjalanan menuju keindahan alam Taiwan

Sangat banyak cara untuk menjelajahi taman nasional ini. Di kota Hualien, kalian bisa menyewa motor dengan biaya sekitar NTD 600 per hari. Sebagian besar tempat penyewaan hanya menerima SIM Taiwan, tapi sekarang beberapa tempat juga menerima SIM internasional. Tapi kami tidak rekomendasikan untuk kalian yang pemula atau kurang berpengalaman mengendarai motor di daerah pengunungan dikarenakan jalanannya cukup curam dan sempit. Pilihan lainnya adalah ikut paket tour seperti one day trip yang ditawarkan oleh para taksi atau penyewa mobil. Kisaran harganya sekitar NTD 700 – NTD 1000 per orang selama 8 jam sehari dengan servis; guide dari supirnya, kendaraan yang sudah termasuk dengan biaya bensin. Mereka akan membawa kalian ke tempat-tempat yang terkenal di kalangan para turis atau ke tempat sesuai dengan request kalian.

 

Jika kalian mau bepergian sendiri, disana juga menyediakan transportasi bus yang akan membawa kalian ke tempat popular untuk menikmati pemandangan alam Taman Nasional Taroko.  Kalian bisa memilih untuk membeli tiket bus 1-day unlimited pass seharga NTD 250 atau NTD 400 untuk 2-day unlimited pass, jadi akan ada bus yang kalian akan bisa naiki selama seharian penuh dan kalian bisa turun atau naik di halte bus manapun yang kalian mau. Tapi, harus ingat untuk selalu perhatikan jadwal bus dan rutenya supaya kalian tidak ketinggalan bus atau naik bus yang salah. Di akhir pekan dan hari libur nasional biasanya antrian di halte bus akan lebih panjang dikarenakan membludaknya pengunjung yang berlibur ke Taman Nasional Taroko.

Tiket masuk ke Taman Nasional Taroko gratis tanpa dipungut biaya. Tetapi untuk mengunjungi beberapa tempat dan jalur pendakian perlu ijin masuk yang dimana kalian harus daftar dulu seminggu sebelumnya. Kita juga menyarankan untuk selalu cek cuaca sebelum datang berkunjung. Hindari berkunjung kesini saat taifun/topan datang dan saat curah hujan tinggi dikarenakan adanya kemungkinan tanah longsor dan jatuhnya bebatuan. Bisa juga pantau website Taman Nasional Taroko untuk mengetahui informasi lebih lanjut dan pengumuman penting yang berhubungan dengan taman nasional ini.

 

Selama di Taman Nasional Taroko, kami mengunjungi pendakian Xiaozhuilu, pendakian Shakadang, Gua Swallow Grotto dan Tebing Qingshui yang merupakan wisata alam popular para turis. Untuk menuju ke jalur pendakian Xiaozhuilu, pengunjung diharuskan berjalan kaki untuk masuk ke terowongan Shakadang terlebih dahulu. Di sisi sebelah kiri terowongan, ada jalur pejalan kaki yang akan membawa pengunjung menuju tempat mulainya jalur pendakian Xiaozhuilu. Di akhir dari jalur pendakian yang bersebelahan dengan sungai Liwu, pengunjung juga akan melihat jalan awal untuk memulai pendakian Shakadang. Kalian bisa memilih untuk langsung melanjutkan pendakian atau kembali ke jalan utama dengan naik keatas melalui tangga.

Mendaki jalur Shakadang ini memakan waktu sekitar 45 menit untuk pendakiannya. Jalur ini bersebelahan langsung dengan tebing dan sungai, ada juga tempat istirahat untuk melihat pemandangan yang sangat indah dan kolam air jernih yang memikat para pengunjung. Perhentian selanjutnya adalah gua Swallow Grotto yang menyajikan pemandangan tebing sempit yang terukir alami. Sebelum menjelajahi jalur ini kalian harus menggunakan helm yang bisa diambil di tourist center dekat lokasi masuk gua Swallow Grotto. Dikelilingi oleh tebing batu nan indah merupakan pengalaman luar biasa yang tidak akan kalian lupakan. Pemandangan luar biasa lainnya yang harus kalian kunjungi adalah Tebing Qingshui yang memberikan pemandangan “apik” samudra pasifik tanpa batas. Ini merupakan bagian dari 8 obyek wisata alam terbaik di Taiwan yang terletak 15 menit dari pintu masuk Taman Nasional Taroko. Tebing ini terbentang sepanjang 12 km dengan ketinggian 800m yang menjadikannya tempat yang cocok untuk menenangkan pikiran dan menyegarkan jiwa.

 

Galeri  Perjalanan Ini

Taman Nasional Taroko mempunyai banyak terowongan unik
Jalan yang kita lalui sangat dekat dengan jurang yang sangat curam
Jalur Pendakian Shakadang merupakan jalur yang dulunya dibuat oleh suku Taroko untuk bekerja. Di tengah perjalanan kalian akan melewati perkebunan tanaman khas yang di makan oleh suku Taroko
Menikmati pemandangan sekitar selama perjalanan

Untuk informasi lebih lanjut:

Biaya masuk              : gratis

Website                       : http://old.taroko.gov.tw/English/

Alamat                        : Taroko National Park  291, FUSHI VILLAGE, XIULIN                                                                      TOWNSHIP 97253 HUALIEN COUNTY                                                                                                TAIWAN, R.O.C.

 

Telpon                          :886-3-8621100~6

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.