Mengagumi Patung Buddha Raksasa Fo Guang Shan

Tentang Fo Guang Shan

Museum Buddha Fo Guang Shan yang terletak di distrik Dashun, Kaohsiung merupakan tempat yang wajib dikunjungi bagi para turis yang tertarik dengan tempat wisata kaya budaya dan religius. Lokasi tepatnya dari museum ini terletak hanya dibelakang dari biara Fo Guang Shan, biara Budha terbesar yang pernah didirikan dan dikembangkan di Taiwan yang memperkenalkan ajaran humanistic Buddhism (ajaran Budha yang fokus pada hidup kesehari-harian). Museum ini juga dipercaya sebagai tempat penyimpanan gigi peninggalan berharga milik Buddha yang dibawa ke Taiwan oleh Master Hsing Yun, pendiri dari Fo Guang Shan.

Sebelumnya dikenal sebagai Budha Memorial Center dengan luas 100 hektar ini telah dibuka untuk kunjungan umum sejak akhir tahun 2011. Di dalam museum, ada beberapa tempat suci dan koleksi barang-barang bersejarah yang berhubungan dengan Buddha dimana pengunjung dapat mengenal lebih dalam mengenai Buddha dan ajarannya. Setelah memasuki pintu masuk utama, kalian akan langsung memasuki gedung modern ber-AC. Disini terdapat beberapa toko cinderamata, toko minuman dan restoran sehingga kalian bisa membeli beberapa makanan ringan dan beristirahat. Di lantai dua di gedung ini juga terdapat restoran prasmanan vegetarian dengan harga hanya NTD 100.

Menjelajah lebih dalam

Keluar dari gedung utama, ada masing-masing empat pagoda bergaya Cina di kedua sisi kiri dan kanan jalan. Total delapan pagoda ini melambangkan Pagoda Satu Ajaran, Pagoda Dua Majelis, Pagoda Tiga Kebaikan, Pagoda Empat Pemberian, Pagoda Lima Keharmonisan, Pagoda Enam Kesempurnaan, Pagoda Tujuh Peringatan dan Pagoda Delapan Jalan Utama. Masing-masing pagoda memiliki fungsi yang berbeda diantaranya seperti galeri, teater, ruang pertemuan, toko buku dan ruang pengenalan serta pendidikan terkait dengan ajaran agama Buddha.

Untuk mencapai gedung utama, kalian harus berjalan kaki dari gedung depan melalui teras besar. Jika kalian ingin menghindari panas matahari, kalian bisa memilih berjalan melewati lorong di kesua sisi teras. Di dalam aula utama inilah koleksi-koleksi menakjubkan disimpan di ruangan terpisah. Anda dapat menemukan sumber-sumber informatif di dalam Museum Sejarah Fo Guang Shan, Museum Kehidupan Sang Buddha, Museum Istana Bawah Tanah Buddha dan Museum Festival Budha di lantai pertama.

Kami sangat menyarankan kalian untuk masuk ke dalam Kuil Avalokitesvara, Kuil Golden Buddha dan Kuil Jade Buddha yang juga terletak di lantai pertama. Di sini kalian bisa mengagumi koleksi patung dan ukiran indah, bermeditasi ataupun memberi sumbangan. Peninggalan gigi Buddha dapat ditemukan di dalam Kuil Jade Buddha, jadi kalau kalian tertarik, jangan lupa untuk masuk dan berkunjung ke dalam kuil tersebut. Hampir di semua bagian Kuil tidak diijinkan foto ya, volume suara pun tidak boleh keras-keras karena harus selalu menjaga ketenangan.

Bagian lain dari museum yang perlu kalian kunjungi adalah Big Buddha Terrace. Untuk ke bagian teras ini, kalian bisa naik lift di dalam Main Hall untuk menuju lantai tiga dan ikuti arah ke area outdoor. Anda akan terpesona oleh patung raksasa Fo Guang Big Buddha yang tingginya 108 meter tepat di depan mata kalian. Ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan untuk menjelajahi Museum Buddha terbesar di Taiwan.

Gallery

Foguangshan 2
Pemandangan teras jalan besar menuju Main Hall dihiasi delapan pagoda di sisi kiri dan kanan.
DSC_0511
Sisi lain dari bagian teras dimana kalian bisa melihat patung Buddha raksasa
DSC_0481
Lorong jalan dengan Hero Wall
DSC_0488
Gedung utama Museum Buddha Fo Guang Shan
DSC_0500
Memasuki gedung utama

DSC_0489

DSC_0471
Brosur informasi tersedia dalam Bahasa Mandarin, Inggris, Jepang dan Korea
DSC_0454
Gedung depan bertema modern
DSC_0447
Pintu gerbang dari Museum Buddha Fo Guang Shan

DSC_0449

DSC_0452
Gedung depan dilihat dari sisi luar
DSC_0463
Bisa icip-icip mochi aneka rasa
DSC_0524
Pemandangan teras besar dan pagoda dari Big Buddha Terrace
Foguangshan 1
Patung Buddha raksasa dilihat langsung dari Big Budda Terrace
DSC_0503
Cerita kehidupan Buddha di salah satu museum gedung utama

How to get there:

Naik MRT sampai ke stasiun HSR Zuoying. Dilanjutkan dengan naik bis E-Da nomor 8501 (pilih rute yang menuju Fo Guang Shan) atau naik bis HAFO Express di bagian luar Stasiun HSR Zuoying. Lalu turun di halte Fo Guang Shan Buddha Museum (bukan di Fo Guang Shan Monastery-nya ya). Dari pengalaman kami sendiri, kami pernah salah turun di halte monastery-nya dan masih harus berjalan kaki 5-7 menit lagi hehehe. Untuk harga tiket bis-nya sekitar NTD 70/sekali jalan.

Museum Buddha Fo Guang Shan

Jam Buka              : 9 am – 7 pm (Hari biasa)

                                  9 am – 8 pm (Akhir pekan)

                                  Tutup setiap hari Selasa

Alamat                    : No. 1, Tongling Rd, Dashu, Kaohsiung 840, Taiwan

Telpon                    : +886-7-656-3033

Email                      : fgsbmc-intl@ecp.fgs.org.tw

Website                  : http://www.fgsbmc.org.tw/en/index.aspx

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.