Anping Tree House

Situs Bersejarah yang Unik & Menarik

Rumah pohon Anping merupakan tempat yang paling tepat untuk kalian yang suka banget foto cantik ala-ala para Instagram celebrity.  Di dalam tempat wisata yang merupakan bekas dari rumah pedagang Inggris ini, kalian bakal menemukan banyak sekali spot artistik dengan background keren yang bakal bikin foto OOTD kalian makin mantap. Selain menjadi tempat pilihan kece untuk foto-foto, disini kalian juga bisa mengenal lebih dalam tentang sejarah perdagangan para pendatang asing di Taiwan semasa dulu.

DSC_1114DSC_1129DSC_1130DSC_1131DSC_1117

Situs bersejarah ini terletak di Anping, kota Tainan, yang merupakan salah satu pelabuhan tertua di Taiwan. Rumah Pohon Anping juga dikenal sebagai bekas dari rumah saudagar Inggris bernama James Tait, pemilik perusahaan Tait & Co. Badan usaha ini didirikan pada tahun 1867 dan merupakan salah satu dari lima saudagar papan atas di perdagangan dalam jumlah besar. Sayangnya, beberapa tahun setelah penjajahan Jepang, perusahaan-perusahaan asing ini ditutup dan rumah para saudagar pun dialihfungsikan untuk keperluan lainnya.

Sekarang, rumah bekas saudagar dijadikan bagian dari tempat wisata di Tainan yang cukup popular yang terletak di daerah kota tua Anping. Di dalam situs sejarah ini, ada tiga bangunan utama yang kalian bisa jelajahi.

Bangunan pertama yang terletak di depan pintu masuk adalah Zhu Jiu-Ying Residence yang dimana pengunjung bisa merasakan pengalaman menulis kaligrafi menggunakan air (sebagai pengganti tinta) di atas semacam meja beton. Bangunan yang berbentuk seperti rumah ini berisi display kaligrafi, didirikan dan digunakan untuk mengenang Mr. Zhu Jiu-Ying yang sangat berpengaruh dalam perkembangan industri garam di Taiwan.

DSC_1126DSC_1123

Disebelah dari Zhu Jiu-Ying Residence adalah Rumah saudagar The Tait & Co yang isinya tentang perkenalan terhadap sejarah perdagangan asing di Taiwan. Bangunan ini terdiri dari dua lantai dengan tangga utama di bagian tengah yang memakai konsep desain arsitektur ala dunia barat dan timur. Bangunannya sendiri berwarna putih dengan teras yang cukup luas di lantai dua dihiasi jendela-jendela sebesar pintu berwarna biru langit yang sangat cantik.

Dibelakang rumah bekas saudagar terletak situs utama dari tempat wisata bersejarah ini yaitu Rumah pohon Anping. Tempat ini awalnya digunakan sebagai gudang untuk menyimpan garam selama masa penjajahan Jepang dan oleh Taiwan Salt Corporation setelah perang dunia kedua. Setelah sekian lama terbengkalai, arsitek kemudian merenovasi gudang ini dengan memasang jalan setapak dari kayu dan tangga dari baja. Keunikan bangunan tua berumur 150 tahun ini adalah akar pohon beringin besar yang menempel kuat pada dindingnya yang akan membuat foto bertema vintage kalian makin keren.

DSC_1149DSC_1137DSC_1140DSC_1136DSC_1135DSC_1143DSC_1145DSC_1153

Di bagian belakang dari Rumah Pohon Anping juga terdapat kolam ekologi, kincir air bertenaga pedal, Sky Bridge dan toko souvenir yang bisa kalian kunjungi.

DSC_0003DSC_1155DSC_1152

Semoga jalan-jalan kalian menyenangkan ya di Tainan! Komen dibawah kalau kalian sudah pernah mengunjungi tempat-tempat wisata sejarah unik di Tainan.

 

 

Anping Tree House

Admission                           : NT$50 (full price ticket); NT$25 (student ticket)

Opening Hours                  : 8.30 A.M. to 5.30 P.M.

Address                                : No. 108, Gubao St., Anping Dist., Tainan City

Telephone                           : Historic Site Inquiries (06)390-1341/295-5703

Anping Tree House           : (06)391-3901

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.