Liburan Singkat ke Pulau Xiaoliuqiu 小琉球

Get to know

Xiaoliuqiu adalah pulau kecil yang terletak di wilayah bagian barat dari Taiwan dan juga merupakan bagian dari wilayah kabupaten Pingtung. Luas dari pulau tersebut hanya sekitar 6.8 km2 dan pada akhirnya kita memutuskan untuk menjadikan Lambai Island (Xiaoliuqiu) sebagai tujuan liburan singkat one-day trip kami kali ini. Pulau ini terkenal dengan ekosistem alami berbagai jenis fauna dan flora. Di pulau tersebut, kalian bisa menikmati habitat alami macam-macam ikan, kura-kura dan beberapa binatang darat lainnya; menikmati pantai-pantai indah, hiking di beberapa jalur hiking, dan berjemur matahari. Buat kalian pecinta snorkeling/menyelam, kalian harus banget mencoba menyelam di Xiaoliuqiu dan menikmati keindahan sea world-nya.

Our story

Kami mengendarai sepeda motor dari kota Kaohsiung dan hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam ke pelabuhan Tonggang. Sesampainya di pelabuhan, kami harus membeli tiket kapal untuk penumpang dan juga motor yang kami bawa. Bagi teman-teman yang mau membawa motor keliling pulau Xiaoliuqiu, kalian harus membayar lebih ya untuk kendaraan kalian. Pilihan lainnya adalah kalian bisa menyewa sepeda motor atau motor listrik sesampainya di pelabuhan pulau Xiaoliuqiu. Setelah kami sampai di pulau Xiaoliuqiu, kami langsung menuju ke tourist information center untuk mengambil peta wisata pulau tersebut. Petanya cukup jelas dan tempat-tempat wisata disana cukup mudah dicapai.

Pemberhentian pertama kita adalah Flower Vase Rock. Pusat informasi turis yang terletak di atas bukit jaraknya tidak cukup jauh dari tujuan wisata Flower Vase Rock yang cukup terkenal untuk berfoto ria dan juga menyelam. Bagi kalian yang tidak membawa peralatan menyelam, pengunjung bisa menyewa peralatan menyelam di toko sekitar. Air laut disana benar-benar jernih dan sejuk, cocok untuk main-main air dan pastinya juga foto-foto. Sebelum meninggalkan spot tersebut, kami juga mengunjungi kuil di dekat pantai tersebut. Langit biru cerah semakin membuat apik pemandangan saat itu.

DSC_0520DSC_0537DSC_0542

Continuing

Pemberhentian selanjutnya adalah tebing batu karang ditepi laut yang bernama lobster hole (lubang lobster). Kami turun ke pantai kecil yang terletak diantara dua tebing curam tersebut, lalu lanjut main air dan foto-foto. Tempat selanjutnya, kami memutuskan untuk mencari tempat yang aman untuk berenang dan juga bermain air. Tapi karena perut kami sudah mulai lapar, jadi kami memutuskan untuk mecari restoran terlebih dahulu. Restoran yang kami datangi punya beberapa pilihan menu set makanan untuk grup atau dengan jumlah orang tertentu. Makanannya cukup enak dan harganya juga cukup terjangkau. Setelah kami puas dengan makanan siang hari ini, kami siap untuk petualangan selanjutnya. Kami melanjutkan perjalanan mengendarai motor selama beberapa menit dan akhirnya sampai di pantai pasir putih kecil dengan batu karang di kedua sisinya. Pantai kali ini sangat cocok untuk berenang karena airnya super jernih. Terakhir kali kami kesini, kami bisa melihat ikan-ikan kecil berenang di tepi pantai dengan jelas, tapi kali ini kami harus berenang lebih ke tengah untuk bisa melihat ikan-ikan kecil tersebut. Berenang di cuaca yang panas benar-benar cocok sekali untuk mendinginkan badan dan menghibur pikiran.

DSC_0560DSC_0561DSC_0569

Setelah beberapa jam meluangkan waktu disana, kami berputar-putar pulau lagi mengendarai motor untuk mencari tempat keren lainnya. Kami berhenti selama 15 menit di bungalow tepi laut. Pantai lainnya yang kami temukan terlalu berbatu dan  berbahaya untuk berenang karena dipenuhi dengan bintang laut yang beracun. Jadi kami kembali ke jalan utama dengan mendaki bukit karang. Lalu kami berhenti lagi di bungalow pinggir laut untuk membeli beberapa minuman dingin. Dari bungalow tersebut, kami bisa melihat pemandangan laut yang luar biasa dan melihat kura-kura yang berenang di laut lepas. Itu benar-benar keren banget karena baru pertama kali meilhat kura-kura berenang di laut lepas. Setelah menghabiskan waktu seharian berkeliling di pulau itu, kami kembali ke pusat kota dekat pelabuhan. Dan kebetulan saat kami kembali, kami melihat parade dari perayaan keagamaan setempat yang cukup menarik. Moment itu membuat kami untuk berhenti dan mengabadikan momen tersebut. Di akhir dari trip kali ini, kami masih punya beberapa jam sebelum keberangkatan kapal ferry, jadi kami memutuskan untuk lanjut berenang di pantai dekat pelabuhan dan menikmati liburan pendek kami sebelum kembali ke Kaohsiung.

DSC_0584DSC_0594DSC_0589DSC_0613DSC_0616DSC_0627DSC_0638DSC_0644DSC_0659DSC_0670

How we get there:

Kita mengendarai motor dari kota Kaohsiung ke pelabuhan Tonggang sekitar 1 jam. Lalu naik kapal ferry dan mengangkut motor kita ke pulau Xiaoliuqiu selama 25 menit; dengan biaya 400 NTD per orang untuk tiket pulang pergi dan 100 NTD untuk tiket sekali jalan motor.

That’s all guys cerita travelling kita ke pulau Xiaoliuqiu! Kunjungi Pulau Xiaoliuqiu dan share cerita kalian!